06 Januari 2008

Sekilas Joomla!

Bila anda pernah membuat website, anda pasti akan paham betapa sulitnya membuat website benar-benar dari dasarnya. Namun, bisakah anda bayangkan betapa lebih sulitnya untuk mengelola website anda, apalagi bila website anda bersifat dinamis.

Jomla adalah salah satu jenis CMS (content management system), yaitu digunakan untuk mengorganisir website anda. Jadi anda bukan hanya mempunyai website, namun anda memiliki website yang terstruktur.

Dengan Joomla! anda dapat mengutak-atik disain web tanpa mengubah konten isi web anda.

Asal mulanya, dahulu joomla berasal dari CMS yang bernama Mambo. Pertama-tama mambo merupakan CMS opensource yang terus dikembangkan oleh komunitasnya. Namun, pengembangnya menjadikan mambo ke dalam dua jenis yaitu mambo yang opensource dan yang tidak. Akibatnya para komunitas mambo beralih membuat joomla. Jadi doomla dan mambo sebenarnya sama saja.

Joomla merupakan aplikasi web opensource yang amat bermanfaat, digunakan dari kalangan perseorangan sampai perusahaan2 dengan halaman halaman yang kompleks. Contohnya bisa anda lihat yaitu situs EA games. Dengan joomla kita dapat membuat website dari awal hingga pengelolaannya dengan mudah.

Nantikan kelanjutan pembahasan ini...

0 komentar:

Cari